25/01/14

Tokoh - Tokoh dan Organisasi Pergerakan Nasional di Indonesia

  •  Budi Utomo (BU)
Budi Utomo terbentuk pada tanggal 20 Mei 1908. Budi Utomo bertujuan memajukan pendidikan dan kebudayaan serta meningkatkan martabat dan memperbaiki kehidupan rakyat Indonesia.
  • Serikat Dagang Islam (SDI) dan Serikat Islam (SI)
Pada tanggal 10 September 1912, nama Serikat Dagang Islam diubah menjadi Serikat Islam.
  • Indiche Partij (IP)
Indische Partij didirikan pada tanggal 25 Desember 1912 di Kota Bandung, Jawa Barat oleh tiga orang yang dikenal dengan sebutan Tiga Serangkai, yaitu Ernest Francois Eugene Douwes Dekker, Ki Hajar Dewantara, dan Dr. Cipto Mangunkusuma
  • Taman Siswa
Taman Siswa didirikan pada tahun 1922 di Yogyakarta oleh R.M. Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara. Karena jasa - jasanya, beliau diakui sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Tanggak lahir Ki Hajar Dewantara dijadikan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

  • Pergerakan Wanita
1) Raden Ajeng Kartini menulis buku berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang". Buku tersebut berisi pemikiran Kartini mengenai pendidikan kaum wanita dalam mendorong kemajuan wanita Indonesia. Beliau dikenal sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita. Atas jasanya, tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini.

2) Raden Dewi Sartika sejak kecil bercita - cita mendirikan sekolah bagi anak - anak gadis dari berbagai golongan. Pada tanggal 16 Januari 1904, didirikanlah Sakola Istri (Sekolah Perempuan). Pada tahun 1910, nama sekolah tersebut diubah menjadi Sakola Kautamaan Istri

Sumber: Buku FOKUS Kelas V Semester 2

Posted by Nurul Ilma Apriliani @ 26 Januari 2014 12:39 WIB

0 komentar:

Posting Komentar